Skip to main content

Lengkap ! Pengertian Sistem Komputer Dan Komponen Untuk Pemula


Ringkasan definisi atau pemahaman tentang sistem komputer dan komponennya. Tentunya Anda telah mendengar istilah sistem, terutama di organisasi atau bidang lain. Perlu diingat bahwa komputer juga memiliki sistem untuk pemesanan dan pemrosesan data.

A. Penjelasan Sistem Komputer

Yang dimaksud Sistem Komputer adalah perangkat komputer yang saling berhubung dengan berinteraksi satu sama yang lain untuk memproses pemrosesan data, sehingga menghasilkan informasi yang diharapkan oleh pengguna. Perangkat yang terdapat dalam sistem komputer meliputi perangkat keras, perangkat lunak.

Perangkat ini memiliki fungsi masing-masing dalam sistem komputer. Tetapi ketika komputer beroperasi, mereka akan bekerja dan saling mendukung. Perangkat keras tidak akan berfungsi tanpa perangkat lunak dan sebaliknya, dan keduanya tidak akan berguna untuk menghasilkan informasi jika tidak ada perangkat otak yang beroperasi dan memberi perintah. Jadi dapat dikatakan bahwa komputer tidak hanya alat tetapi juga sistem.

B. Komponen Sistem Komputer

Berikut adalah komponen yang terkandung dalam sistem komputer, yang meliputi:

Sebuah. Hardware (perangkat keras)

Merupakan perangkat komputer yang memiliki bentuk fisik, sehingga perangkat ini dapat disentuh. Misalnya, seperti motherboard, prosesor, hard disk, memori, catu daya dan lainnya. Perangkat keras itu sendiri umumnya dibagi menjadi 4 (empat) bagian, yang meliputi:

1. Perangkat Input

 Misalnya, seperti keyboard, mouse, web cam, pemindai dan lainnya.

2. Perangkat Keluaran
Perangkat di komputer yang fungsinya menampilkan hasil pemrosesan data. Misalnya, seperti monitor, printer, proyektor, dan lainnya.

3. Memproses perangkat
Jadi bisa dikatakan perangkat ini adalah otak dari komputer dan sering juga disebut sebagai CPU (Central Processing Unit). Perangkat Pemrosesan akan berkomunikasi dengan perangkat input, output, dan penyimpanan untuk melakukan perintah yang dimasukkan.


4. Perangkat Penyimpanan (Perangkat penyimpanan

CPU ini juga dilengkapi dengan perangkat penyimpanan data. Ada perangkat penyimpanan data dengan kapasitas lebih besar sebagai perangkat penyimpanan utama, yang biasanya disebut hard disk. Jadi kita bisa menyimpan dan menghapus data sesuai keinginan. Seiring dengan perkembangan teknologi komputer, perangkat penyimpanan media berkembang sangat pesat baik dari segi kapasitas maupun bentuk. Pada perangkat penyimpanan komputer umumnya dibagi menjadi dua bagian, yaitu internal dan eksternal.

b. Perangkat lunak
Perangkat lunak ini juga diartikan sebagai perangkat lunak, sehingga perangkat ini tidak memiliki bentuk fisik seperti perangkat keras. Perangkat lunak juga dapat diartikan sebagai kumpulan data elektronik yang disimpan dan dikelola oleh komputer, dapat berupa program atau koneksi untuk menjalankan berbagai instruksi perintah. Jadi perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, dan dapat juga dikatakan bahwa perangkat lunak digunakan untuk mengontrol perangkat keras. Perangkat lunak dapat dibagi menjadi beberapa jenis, seperti:

1. Sistem Operasi
2. Program Aplikasi (Program Aplikasi)
3. Program Utilitas (Program Tambahan)
4. Bahasa Pemrograman
c. Brainware (Pengguna Komputer)

1. Programmer
seseorang yang memiliki keahlian menguasai banyak atau satu bahasa pemrograman, beberapa bahasa pemrograman sering digunakan, misalnya, seperti PHP, Java, Python. Jadi programmer juga bisa dikatakan sebagai orang yang membuat dan bertugas menyiapkan program-program yang dibutuhkan pada sistem komputer yang akan digunakan untuk memproses data.

2. Sistem Analis
Kkemampuan ini dapat membantu dalam mengidentifikasi kemungkinan terbaik dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. Kemampuan teknis dapat memungkinkan untuk memahami berbagai potensi dan keterbatasan teknologi informasi. Keahlian manajerial dapat membantu dalam mengelola sumber daya, proyek, dan lainnya. Dan keterampilan interpersonal dapat membantu dalam berinteraksi secara khusus dengan pengguna akhir atau pengguna.

3. Administrator

Adalah orang yang tugasnya mengelola sistem operasi dan juga beberapa program yang berjalan pada sistem komputer.

Comments

Popular posts from this blog

5 LAPTOP LENOVO RAM 4GB TERMURAH

Kapasitas RAM memang menjadi salah satu faktor penentu performa sekaligus menjadi spesifikasi utama dalam memilih laptop. Beberapa laptop Lenovo RAM 4GB berikut laptop yang ingin mendapatkan laptop dengan performa terbaik. 1. Lenovo IdeaPad 330-5TID Layar: 14 inci, resolusi 1366 x 768 piksel Prosesor: AMD APU E2-9000 Grafis: AMD Radeon R2 Graphics RAM: 4GB DDR4 Penyimpanan: 500GB HDD spesifikasi laptop Lenovo terbaru RAM 4GB dengan performa terbaik digunakan adalah Lenovo IdeaPad 330-5TID. Laptop ini tidak hanya memiliki spesifikasi dan performa tinggi namun juga memiliki beberapa fitur unggulan yang mendukung spesifikasi tersebut. Fitur unggulan pertama ada pada baterainya. Baterai laptop ini diklaim bisa bertahan hingga 6 jam untuk penggunaan normal. Ditambah lagi dengan fitur rapid charge yang bisa membuat laptop bekerja selama 2 jam hanya dengan pengisian selama 15 menit. 2. Lenovo IdeaPad S130 Layar: 14 inci, resolusi 1366 x 768 piksel Prosesor: Intel Cele

laptop lenovo legion Spesifikasi Laptop Gaming

Berdasarkan penelitian internal yang melibatkan 7.800 responden, Lenovo menemukan bahwa CPU dan GPU lebih kuat, fitur ditingkatkan, dan waktu tunggu hampir nol untuk menjadi atribut yang paling dicari oleh para gamer. "Gamer menganggap grafik sebagai aspek yang paling penting. Tidak seperti konsumen PC lainnya, mereka percaya pada kemampuan mereka untuk memahami apakah perangkat keras itu baik, dan itulah yang membuat mereka berbeda dari konsumen lain," kata Country Manager Lenovo Indonesia Budi. Janto pada peluncuran laptop seri Legion di wilayah Jakarta Selatan, Senin (9/9). Y740 Legion adalah ujung paling tajam dari trisula ini. Dengan harga Rp.28, 2 juta, laptop ini menawarkan fitur dan kinerja kelas sultan. Lenovo Legion Y740 hadir dengan prosesor mobile Intel Core i7 Gen 9 dan Windows 10 Home. Pengguna bisa mendapatkan GPU NVIDIA GeForce RTX 2060 untuk mengalami kinerja kelas sultan. Layar Lenovo Legion Y740 dengan layar 15,6 inci dengan spesifikasi Full HD

5 laptop lenovo yoga Terbaik dan Terlaris

Lenovo Yoga juga sangat nyaman bagi pekerja yang memiliki mobilitas tinggi. Secara umum, Lenovo Yoga memiliki tubuh yang kurus dan bobot yang ringan, sehingga dapat diandalkan kapan saja dan di mana saja. 1. Lenovo Yoga 310 Laptop ini mengusung resolusi 11,6 inci Full HD 1366 x 768 piksel yang mampu mengenali hingga 10 titik sentuhan sekaligus. Untuk energi, laptop ini mengandalkan prosesor Intel Celeron N3350 yang memiliki kecepatan penuh hingga 2,4 GHz. kemudian 4GB RAM melengkapi kinerja laptop ditambah dengan kapasitas hard drive HDD 1TB. Laptop ini, yang dijual dengan harga Rp. 4,7 juta, dilengkapi dengan kartu grafis Intel HD Graphics dan OS Windows 10. 2. Lenovo Yoga 520 Spesifikasi yang disematkan berkualitas sangat tinggi didorong oleh Intel Core i5-8250U yang tentunya sangat andal untuk aktivitas multitasking. Kemampuan prosesor didukung oleh 8GB RAM dan kapasitas penyimpanan 1TB HDD sehingga kinerjanya lebih optimal. Laptop ini dengan layar Full HD 14 inc